Selasa, 16 Januari 2024

Mari DISIPLIN Membangun KEBIASAAN !

Pikirin deh ketika hidup kita tidak disiplin, apa yang terjadi ??

Kebiasaan sehari-hari yang kurang baik dan tidak kita sadari tetapi menjamur, oh my god..jelas sang juaranya adalah pemalas.

You don’t have to change that much for it to make a great deal of difference. A few simple disciplines can have a major impact on how your life works out in the next 90 days, let alone in the next 12 months or the next 3 years".

Anda tidak perlu berubah drastis untuk menciptakan perubahan besar dalam kehidupan Anda. Tetapi Anda hanya perlu menerapkan sedikit saja kedisiplinan, maka kehidupan Anda akan berubah pada 90 hari mendatang, bukan pada 12 bulan mendatang atau 3 tahun mendatang.” (Jim Rohn)

Dari kutipan diatas jika disiplin diterapkan dapat menciptakan perubahan yang signifikan dalam kehidupan kita.

Apasih disiplin itu ?? Yuk kita kenalan dulu dengan yang namanya disiplin.

Sikap Disiplin adalah rasa ketaatan dan kepatuhan terhadap nilai-nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain, disiplin adalah rasa kepatuhan terhadap aturan atau  pengawasan dan  pengendalian. Disiplin adalah upaya untuk memberikan suatu objek rasa nilai atau obsesi untuk mentaati aturan. Wikipedia

Setiap orang belum tentu memiliki kedisiplinan, bahkan pada dirinya sendiri. Pada dasarnya disiplin adalah sikap yang baik, namun belum tentu setiap orang bisa memiliki sikap disiplin, seperti disiplin waktu, disiplin ilmu dan sebagainya. Dalam praktiknya sikap disiplin dibutuhkan di setiap aktivitas kita, mulai dari sekolah, masyarakat, pekerjaan, bahkan diri kita sendiri.

Untuk menerapkan disiplin langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan (goal) dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut (sistem). 

Lupakan goal dan bangunlah sistem, goal dan sistem adalah dua hal yang berbeda. Karena goal adalah hasil yang dicapai sedangkan sistem adalah proses untuk mencapai tujuan tersebut. 

Nah looh... sama seperti menang dan kalah yang mempunyai tujuan yang sama, mengandalkan tujuan saja tidak cukup karena sistemlah yang membantu tujuan yang dicapai.

Banyak orang yang salah karena lebih fokus ke tujuan, Jangan lupa proseslah yang bisa membantu mencapai hasil yang kita inginkan. Tujuan itu tentang jangka panjang sedangkan sistem membantu proses kita mencapai tujuan tersebut.

Seringkali kita sudah mempunyai rencana-rencana yang ingin diwujudkan, namun karena alasan tertentu misalnya selepas liburan panjang atau sebab-sebab lain malah membuat kita kurang bersemangat untuk bekerja kembali atau malas utnuk memulai dan mengulur-ngulur waktu, merasa kehilangan momentum, menyerah dan meragukan prospek yang tergambar sebelumnya.

Ada  5 (Lima) tips dalam proses tersebut yang bisa membantu kita untuk menjadikan disiplin sebagai kebiasaan.

1. Buatlah secara jelas setiap kebiasaan yang akan dilakukan

Misal; keinginan untuk berolahraga
Kita tahu bahwa banyak orang yang punya keinginan untuk berolahraga tetapi sangat sulit untuk merealisasinya. Jadi apa nih yang paling sederhana agar keinginan kita untuk berolahraga dapat terealisasi ?

Misal besok kita mau berolahraga nih, sebaiknya kita siapin dulu baju olahraga, sepatu kets dan perlengkapan olahraga pada malamnya. Buatlah jadwal, misal hari senin, rabu dan jumat saya mau berolahraga. jadi pas bangun pagi semua sudah terlihat sama kita, semua sudah terencana, tersistem dan berproses. Hal simple yang sering terlewatkan, karena kalau perlengkapan tersebut tidak disiapkan, tidak didepan mata yang ada mager berkepanjangan.

2. Buat hal tersebut menjadi menarik

Biasanya semakin menarik semakin besar keinginan kita untuk melakukannya sebagai kebiasaan dan tentunya akan menjadi sebuah prioritas untuk dilakukan. Saat kita mulai melatih kedisiplinan, godaan pasti akan datang tak tertahan. Disinilah akan terlihat sekuat apa niat kita untuk bisa menjadi sosok yang disiplin. Sebagai awal jauhkan semua hal yang bisa menjadi godaan saat melatih kedisiplinan.

3. Buatlah menjadi lebih mudah dan simple dengan tidak menunda-nunda waktu

Berikan diri sendiri aturan reward dan punishment untuk setiap pekerjaan yang berhasil dilakukan dan yang tertunda.

Ketika ada sebuah pekerjaan, langsung lakukan selagi kita punya waktu untuk mengerjakannya. Jangan tunda sampai waktu-waktu terakhir untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

4. Buatlah lebih memuaskan lagi agar jadi kebiasaan jangka panjang

Mengapa target jangka panjang? Karena target jangka panjang adalah sasaran yang tidak akan bisa dilatih dalam waktu dekat. Sehingga kita terpacu menjaga motivasi untuk bisa mencapainya.

5. Ambil inspirasi dari orang lain

Cari sisi positif yang paling menonjol dari diri seseorang lalu jadikan inspirasi yang dapat menambah motivasi kita dalam meningkatkan kedisiplinan. Inspirasi yang kita dapatkan dari mereka bisa menjaga kita berada dijalur yang tepat untuk mencapai tepat sebuah tujuan.

Semoga dengan beberapa tips di atas bisa membuat perubahan yang lebih baik lagi dalam pribadi kita dan itu penting agar bisa kita tularkan dengan orang-orang disekitar kita dan juga bisa membawa perubahan besar di seluruh kehidupan ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar